Hadist Arbain yang harus Hafal dan di Amalkan - dmlaptop

Friday, September 18, 2020

Hadist Arbain yang harus Hafal dan di Amalkan

Hadist Arbain adalah hadist shahih, sebagian besar termuat dalam kitab shahih Bukhari dan Muslim yang di susun oleh Imam Nawani. Dalam kitab hadisnya terdapat 42 hadist yang harus di hafal dan diamalkan oleh setiap muslim. 

Seyogyanya setiap orang yang menginginkan kehidupan akhirat memahami hadist-hadist ini, karena didalamnya terkandung banyak hal penting serta peringatan berbagai macam ibadah.

Bahkan dalam syarat masuk pesantren juga di terapkan ketentuan sudah hafal hadist arbain dan minimal 2 juz Al Quran yaitu juz 29 dan 30. 

hadist arbain


Hadist Arbain ke 1

Hadist arbain ke 1 berjudul Ikhlas (Niat)

Lafal hadist " Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang di tujunya."

Hadist ini merupakan salah satu pokok penting ajaran islam. Imam Ahmad dan Imam Syafi'i berkata : "Hadist tentang niat ini mencakup sepertiga ilmu" 

Hal itu karena semua perbuatan manusia terdiri dari niat dalam hati, ucapan dan tindakan. Sedangkan niat merupakan salah satu dari bagian itu. 

Hadist diatas mencakup 70 bab fiqih menurut Imam Syafi'i dan menurut ulama lain: Hadist diatas mencakup sepertiga ajaran Islam.

Hadist Arbain ke 2

Hadist arbain ke 2 tentang Iman, Islam dan Ihsan.

Lafal hadist: Pada suatu hari ketika kami duduk dekat Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam tiba tiba muncul seorang laki-laki yang memakai pakaian putih dan berambut hitam. Tidak terlihat padanya bekas perjalanan jauh dan tak seorangpun diantara kami mengenalnya. Ia lalu duduk di hadapan Nabi
Shallallahu alaihi wasallam. 

Ia meletakkan kedua telapak tangannya diatas kedua paha beliau, lalu ia berkata: "Wahai Muhammad, terangkanlah kepadu tentang islam." Maka Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: " Islam yaitu hendaklah engkau bersaksi bahwa tiada tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah. Hendaklah engkau mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan ramadhan dan mengerjakan haji ke Baitullah (Makkah) jika engkau mampu menjalankannya." Berkatalah orang itu: "Benar." Kami heran, dia beranya tetapi dia sendiri yang membenarkannya. 

Orang itu berkata lagi:"Lalu terangkanlah kepadaku tentang iman." Jawab beliau:"Hendaklah engkau beriman kepada Allah, kepada malaikat-Nya, kepada kitab-kitab-Nya, kepda utusan-Nya, kepada hari akhir dan hendaklah engkau beriman kepada taqdir yang baik dan yang buruk." Berkatalah orang tadi:"Benar." 

Lalu orang itu berkata lagi:"Lalu terangkanlah kepadaku tentang ihsan." Jawab beliau: "Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Maka jika engkau tidak dapat melihat-Nya, sesungguhnya Ia melihat engkau." 

Orang itu berkata lagi:"Beritahukanlah kepadaku tentang hari kiamat." Jawab beliau: "Orang yang ditanya itu tidak lebih tahu daripada yang bertanya." Kata dia selanjutnya: "Beritahukanlah kepadaku tanda-tandanya." Sabda beliau: "Apabila budak perempuan melahirkan tuannya dan engkau melihat orang-orang Badui yang bertelanjang kaki, miskin, lagi penggembala domba berlomba-lomba dalam mendirikan bangunan." 

Kemudian pergilah orang tadi. Aku tetap tinggal beberapa lama, kemudian beliau bersabda kepadaku: "Wahai Umar, tahukah engkau siapakah yang bertanya tadi?" Jawabku: "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Sabda beliau: "Dia adalah Jibril yang datang kepada kamu sekalian untuk mengajarkan agamamu." (HR. Muslim)

Hadist Arbain ke 3

Hadist arbain ke 3 tentang Rukun Islam

"Islam itu  ditegakkan atas lima perkara: Bersaksi bahwa tiada tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, mengelurkan zakat, mengerjakan haji ke Baitullah dan puasa di bulan Ramadhan," (HR.Bukhari dan Muslim)

Hadist Arbain ke 4

Hadist arbain ke 4 berjudul "Nasib Manusia Telah Ditetapkan."

 


 

 

 


Comments


EmoticonEmoticon